Dasar - Dasar Pemprograman C/C++

a. Pengertian

Bahasa C dan C++ merupakan bahasa pemprograman tingkat tinggi yakni yang memakai kata-kata dan pernyataan yang mudah di mengerti manusia , meskipun masih jauh berbeda dengan bahasa manusia sesungguhnya.

Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian terhadap sebuah masalah di lakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil. 

Bahasa C++ adalah bahasa pemprograman yang memiliki sifat objektif oriented programming ( OOP ).

Untuk menyelesaikan sebuah masalah C++  melakukan langkah pertama dengan mendefinisikan class-class yang merupakan class yang dibuat sebelumnya sebagai abtraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, kemampuan dari objeknya dan anggota-anggotanya. setelah dibuat beberapa class, masalah di pecahkan menggunakan class.

Program C++ merupakan program yang berbentk fungsi-fungsi.

main () merupakan nama dari suatu fungsi yang harus ada di dalam program C++ dan diletakan di bagian tertentu yang menunjukan sebagai compiler dimana awal dari suatu program. selain itu main () hanya dapat di gunakan sekali saja dalam suatu program.   


b. Kata Kunci pada bahasa C

1. Auto

 digunakan untuk membuat variabel lokal. namun demikian keyword ini jarang di pakai.

2. Break

dinakan untuk keluar dari do, for atau loop while dengan melewati kondisi loop yang normal. keyword ini jjuga di gunakan untuk keluar dari perintah switch

3. Switch

merupakan pernyatan percabangan yang menyebabkan kontrol melakukan percabangan terhadap daftar pernyataan yang di seiakan dalam blok pernyataan.

4. Case

sebagai pernyataan pilihan yang selanjutnya akan di jalankan jika ekspresi switch memenuhi suatu konstanta case. Case merupakan bagian dari pernyataan percabangan switch.

5. Char

berfungsi untuk menampung data berjenis karakter atau teks. dapat di jadikan juga sebagai penanda type data nilai kembalian suatu fungsi

6. Const

digunakan untuk mendeklarasikan suatu variabel konstanta pada bahasa C. Variabel konstanta adalah sebuah variabel yang di inisisalisasikan namun nilai yang telah di tetapkan tidak dapat di ubah ketika program telah di jalankan

7. Continue

digunakan untuk menyediakan porsi kode pada suatu loop dan memaksa conditional untuk di tampilkan

8. Default

digunakan pada perintah switch yang memberi tanda default blok dari kode yang akan di buat jika tiadak ada kecocokan pada switch

9. Do

 biasanya dipakai untuk membaca file disk.

10. Double

digunakan untuk membuat double-precision variabel floating-point

11. If

memberikan syarat pada statement

12. Else

jika syarat tidak memenuhi if maka di arahkan pada perintah else

13. Enum

digunakan untuk membuat tipe enumerasi, yaitu suatu daftar yang sederhana dari konstanta integer yang berupa nama

14. Extern

Membertahukan bahwa variabel  yang di definisikan berada ddi tempat lain dan tidak berada pada blok yang sama dimana variabel tersebut di definisikan

15. Float

tipe data specifier yang digunakan untuk membuat variabel floating point.

16. For

memungkinkan pemberian huruf awal dab kenaikan secara otomatis dari variabel counter.

17. Goto

menyebabkan pembuatan program melompat pada label yang di tentukan dengan perintah goto

18. int

tipe specifier yang di gunakan untuk membuat variabel integer 

19. Long

tipe data modifier yang di gunakan untuk membuat variabel integer menjadi double-length

20. Register

adalah modifier tempat penyimpanan yang di gunakan untuk meminta agar suatu pemasukan pada variabel di optimalkan kecepatannya.

21. return

memaksa suatu pengembakian dari fungsi dan dapat digunakan untuk mentransfer kembali suatu angka pada rutin pemanggilan

22. Short

digunkan untuk mendeklasaikan iteger pendek

23. Signed

digunakan untuk menentukan suatu tipe data signec char

24. Sizeof

operator pengaturan waktu sizeof akan mengembalikan panjang variabel tipe yang mendahuluinya. jika yang mendahului adalah suatu variabel maka tanda kurung bersifat optimal ( boleh dipakai )

25. Static

digunakan untuk mendeklarasikan variabel static, yang lebih umum di kenal untuk digunakan pada pembuatan program C.

26. Struct

digunakan untuk membuat variabel kompleks yang di sebut dengan structure yang terbuat dari suatu elemen atau lebih.

27. Typedef

Digunakan untuk memberikan nama terhadap tipe data yang telah atau baru seperti pada structure.

28. Union

digunakan untuk menjukan dua variabel atau lebih pada lokasi memori yang sama

29. Unsigned

memerintantahkan compiker untuk menghapus tanda bit dari suatu integer dan menggunakan seluruh bit untuk keperluan arithmetic.

30. Void

digunakan untuk mendeklarasikan fungsi yang tidak mengembalikan suatu nlai ( dalam arti penuh )

31. Volatile

digunakan untuk memberitahu compiler bahwa suatu variabel mungkin telah mempunyai suatu isi yang telah di pilih dengan cara yang tidak di tentukan oleh suatu program.

32. While

Jika suatu perintah tunggal adalah objek dari while maka tanda kurung dapat di hilangkan. while akan menguji kondisinya pada bagian atas suatu loop.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Akhir Pertemuan 3 Praktikum Algoritma dan Pemprograman 2

Flowchart