Dasar - Dasar Pemprograman C/C++
a. Pengertian
Bahasa C dan C++ merupakan bahasa pemprograman tingkat tinggi yakni yang memakai kata-kata dan pernyataan yang mudah di mengerti manusia , meskipun masih jauh berbeda dengan bahasa manusia sesungguhnya.
Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian terhadap sebuah masalah di lakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil.
Bahasa C++ adalah bahasa pemprograman yang memiliki sifat objektif oriented programming ( OOP ).
Untuk menyelesaikan sebuah masalah C++ melakukan langkah pertama dengan mendefinisikan class-class yang merupakan class yang dibuat sebelumnya sebagai abtraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, kemampuan dari objeknya dan anggota-anggotanya. setelah dibuat beberapa class, masalah di pecahkan menggunakan class.
Program C++ merupakan program yang berbentk fungsi-fungsi.
main () merupakan nama dari suatu fungsi yang harus ada di dalam program C++ dan diletakan di bagian tertentu yang menunjukan sebagai compiler dimana awal dari suatu program. selain itu main () hanya dapat di gunakan sekali saja dalam suatu program.
b. Kata Kunci pada bahasa C
1. Auto
digunakan untuk membuat variabel lokal. namun demikian keyword ini jarang di pakai.
2. Break
dinakan untuk keluar dari do, for atau loop while dengan melewati kondisi loop yang normal. keyword ini jjuga di gunakan untuk keluar dari perintah switch
3. Switch
merupakan pernyatan percabangan yang menyebabkan kontrol melakukan percabangan terhadap daftar pernyataan yang di seiakan dalam blok pernyataan.
4. Case
sebagai pernyataan pilihan yang selanjutnya akan di jalankan jika ekspresi switch memenuhi suatu konstanta case. Case merupakan bagian dari pernyataan percabangan switch.
5. Char
berfungsi untuk menampung data berjenis karakter atau teks. dapat di jadikan juga sebagai penanda type data nilai kembalian suatu fungsi
6. Const
digunakan untuk mendeklarasikan suatu variabel konstanta pada bahasa C. Variabel konstanta adalah sebuah variabel yang di inisisalisasikan namun nilai yang telah di tetapkan tidak dapat di ubah ketika program telah di jalankan
7. Continue
digunakan untuk menyediakan porsi kode pada suatu loop dan memaksa conditional untuk di tampilkan
8. Default
digunakan pada perintah switch yang memberi tanda default blok dari kode yang akan di buat jika tiadak ada kecocokan pada switch
9. Do
biasanya dipakai untuk membaca file disk.
10. Double
digunakan untuk membuat double-precision variabel floating-point
11. If
memberikan syarat pada statement
12. Else
jika syarat tidak memenuhi if maka di arahkan pada perintah else
13. Enum
digunakan untuk membuat tipe enumerasi, yaitu suatu daftar yang sederhana dari konstanta integer yang berupa nama
14. Extern
Membertahukan bahwa variabel yang di definisikan berada ddi tempat lain dan tidak berada pada blok yang sama dimana variabel tersebut di definisikan
15. Float
tipe data specifier yang digunakan untuk membuat variabel floating point.
16. For
memungkinkan pemberian huruf awal dab kenaikan secara otomatis dari variabel counter.
17. Goto
menyebabkan pembuatan program melompat pada label yang di tentukan dengan perintah goto
18. int
tipe specifier yang di gunakan untuk membuat variabel integer
19. Long
tipe data modifier yang di gunakan untuk membuat variabel integer menjadi double-length
20. Register
adalah modifier tempat penyimpanan yang di gunakan untuk meminta agar suatu pemasukan pada variabel di optimalkan kecepatannya.
21. return
memaksa suatu pengembakian dari fungsi dan dapat digunakan untuk mentransfer kembali suatu angka pada rutin pemanggilan
22. Short
digunkan untuk mendeklasaikan iteger pendek
23. Signed
digunakan untuk menentukan suatu tipe data signec char
24. Sizeof
operator pengaturan waktu sizeof akan mengembalikan panjang variabel tipe yang mendahuluinya. jika yang mendahului adalah suatu variabel maka tanda kurung bersifat optimal ( boleh dipakai )
25. Static
digunakan untuk mendeklarasikan variabel static, yang lebih umum di kenal untuk digunakan pada pembuatan program C.
26. Struct
digunakan untuk membuat variabel kompleks yang di sebut dengan structure yang terbuat dari suatu elemen atau lebih.
27. Typedef
Digunakan untuk memberikan nama terhadap tipe data yang telah atau baru seperti pada structure.
28. Union
digunakan untuk menjukan dua variabel atau lebih pada lokasi memori yang sama
29. Unsigned
memerintantahkan compiker untuk menghapus tanda bit dari suatu integer dan menggunakan seluruh bit untuk keperluan arithmetic.
30. Void
digunakan untuk mendeklarasikan fungsi yang tidak mengembalikan suatu nlai ( dalam arti penuh )
31. Volatile
digunakan untuk memberitahu compiler bahwa suatu variabel mungkin telah mempunyai suatu isi yang telah di pilih dengan cara yang tidak di tentukan oleh suatu program.
32. While
Jika suatu perintah tunggal adalah objek dari while maka tanda kurung dapat di hilangkan. while akan menguji kondisinya pada bagian atas suatu loop.
Komentar
Posting Komentar